Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Selamat Datang di blog ini | Selamat Membaca & Terima Kasih sudah berkunjung | Jika Berkenan, Tinggalkan jejak Anda di komentar ...

Mau Bisnis Anda Maju, 5 Syarat Ini Wajib Anda Penuhi.


Teknoesia.com - kali ini kita akan sharing & berbagi pada kalian dan ini adalah hal penting bagi kalian yang ingin merintis bisnis tapi mungkin kalian modalnya tidak begitu bagus maksudnya adalah modal kalian tidak begitu banyak, jadi kalian tidak perlu pinjam bank, kalian tidak perlu pinjam investor atau cari investor tetapi jika kalian terapkan 5 hal ini kalian bisa mulai dengan uang berapapun, menjadikan bisnis kalian dari kecil menjadi bisnis yang skalanya miliaran dan ini sudah banyak yang membuktikan.

Apa saja sebenarnya 5 syarat tersebut?

Yang pertama adalah sederhana sekali, biasanya orang memulai bisnis itu dari sewa tempat, dari cari hutangan dari mana-mana dan sebenarnya sangatlah fatal hal seperti itu.

1. Mulailah dari riset market.

Maksudnya bagaimana? Maksudnya adalah langkah awal kalian harus meriset market, yang beli itu siapa mereka ada di mana, kalian reset dulu market kalian, market yang bisa kalian jangkau itu market atau pasarnya seperti apa, mereka itu pakai instagram atau facebook atau youtube atau apapun, jadi wajib kalian kalian riset dulu marketnya apakah benar benar ada calon pembeli produk kalian, seberapa besar market yang akan membutuhkan apa yang akan kalian tawarkan, setelah semuanya jelas barulah kalian mulai meriset produk yang bakal dipasarkan sesuai target market yang sudah kalian riset sebelumnya.

Banyak cara atau pembelajaran tentang riset market dan riset produk, kalian bisa searching di google atau youtube.

2. Mulailah dari kecil atau seadanya uang.

Sering terlintas dibenak kita saat mulai berbisnis yaitu dengan cara pinjam modal atau mencari investor atau bikin proposal kepada investor gitu atau dia pinjam bank, pinjam sertifikat mertuanya dan sebagainya, nanti kalau tidak bisa bayar rumah mertuanya dilelang, berapa banyak yang seperti itu?

Sebaiknya sebagian model yang disebutkan tersebut jangan dilakukan, akan tetapi mulailah dari berapa uang yang kalian punya, ini yang sangat penting karena kalau kita berusaha mencari atau mendapatkan sesuatu apa yang kita tidak miliki, kita tidak mampu tetapi memaksakan diri seolah olah kita menunjukan kepada semua orang bahwa kita benar benar seorang pengusaha padahal kennyataannya kita menjalankan modal orang lain yang mana pada saat itu kita baru memulai bisnis dan tidak punya pengalaman dan perhitungan yang tepat maka akhirnya akan berat sekali terasa.

Logikanya begini.. Kalian itu cuma ada uang 1 juta akan tetapi kalian ingin memiliki bisnis yang skalanya adalah 10 juta rupiah, sedangkan 10 juta nya itu kalian pinjam, nah.. Pertanyaannya kapan kalian bisa mengembalikan pinjaman kalian? Walau bagaimanapun kalian menej keuangan kalian, kalian tetap berada pada posisi yang berbahaya karena bisnis itu jika tidak bisa membiayai bisnisnya sendiri itu artinya bisnisnya tidak bagus. Sewajarnya saja, tidak perlu meminjam uang atau menggadaikan apapun, bisnis itu ya kalau bagus pasti untung, pasti bisa membesarkan keuntungannya, bisa digunakan untuk membesarkan bisnisnya, jadi mulailah dari apa yang kalian punya, nanti akan membesar dan jangan mulai dengan apa yang kita tidak punya.

3. Mulailah dari bentuk bisnis yang marginnya tinggi.

Ini sangat penting karena bisnis itu harus disesuaikan dengan kemampuan modal kita, apabila kita modalnya pas-pasan, otomatis kita harus memilih bisnis yang marginnya tinggi kalau kalian sudah punya tabungan miliaran rupiah, kalian mau main bisnis komoditi yang untung 10-20% maka tidak masalah, kenapa? Karena semakin membesar kalian semakin butuh modal, akan tetapi kalau bisnis dengan pendapatan keuntungannya kecil maka sangatlah sulit, misalnya kalian beli barang seharga 10 ribu yang harus dijual bisanya yang diterima pasar hanya 12 ribu dengan keuntungan 2 ribu rupiah, maka pada saat ada 1000 orderan tentu kalian bingung, kenapa bingung? Ya sudah pasti bingung, modalnya dari mana?? Beda hal yang terjadi jika kalian membeli produk dengan harga 10 ribu kemudian bisa jual dengan harga 50 ribu maka ketika ada orderan dengan skala besar, sangatlah mudah bagi kalian mengatasinya bahkan berharap semoga terus bisa terjadi.

4. Mulailah dengan cara cash and carry.

Jadi maksudnya adalah pembeli itu bayar dulu baru kalian kirim produk yang dibeli, bukan sebaliknya kalian titip titip barang dan tidak tahu bayarnya kapan, ya model kasih waktu tempo atau mungkin jatahnya bayar orangnya lari atau orangnya tidak lari tapi ditagih susah, jadi intinya semakin bisnis kalian membesar kalau kalian tidak cash and carry maka sudah pasti bisnis tersebut semakin memerlukan modal yang besar, kalau kalian modalnya tidak besar tapi terjebak dalam bisnis semacam ini segera keluar dari zona dan model bisnis seperti itu dan segera ganti dengan model bisnis yang cash and carry. Yakinlah masih banyak model bisnis yang bisa diterapkan dengan cara cash and carry.

5. Mulailah terapkan memutar keuntungan menjadi modal.

Yang paling mutlak dan penting adalah keuntungan diputar menjadi modal, penting sekali.. Jadi kalau syarat-syarat 4 hal diatas sudah terpenuhi yaitu mulai dari riset market, mulai dari kecil, kemudian pilih produk yang keuntunggannya tinggi dan kalian juga dapatkan model bisnis yang cash and carry, kemudian uangnya bisa kalian putar menjadi modal kembali, coba bayangkan kalau kalian punya produk atau bisa bikin produk atau kalian beli produk 10 ribu kemudian bisa jual 40 ribu, kalian dapat untung 30 ribu rupiah, artinya apa? Artinya kalau laku satu kalian punya 4 produk berikutnya, kalau ke empat empat nya laku terjual maka sudah 16 produk yang bertamabah dan seterusnya, bisnis kalian membesar, karena bisa kalian putar lagi dan seterusnya.

Jadi ini sebagai bentuk hitungannya, tentunya kalian juga harus sesuaikan keuntungannya untuk kebutuhan hidup kalian, tetapi paling tidak jika modal terus bisa diputar meskipun tidak 5 kali lipat atau 4 kali lipat, sebagian juga untuk kebutuhan hidup tentunya tidak ada masalah selama kalian mempunyai konsep yang tepat antara uang masuk dan uang yang akan dikeluarkan.

Semoga senantiasa selalu dimajukan usaha kita semua.

Posting Komentar untuk "Mau Bisnis Anda Maju, 5 Syarat Ini Wajib Anda Penuhi."

Berlangganan via Email