Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Selamat Datang di blog ini | Selamat Membaca & Terima Kasih sudah berkunjung | Jika Berkenan, Tinggalkan jejak Anda di komentar ...

Cara Install Windows 10 Dengan Mudah Pada Laptop Atau Komputer.


Teknoesia.com - Kali ini kita akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara untuk menginstal ulang Windows 10 pada laptop atau komputer step by step, harapannya tentu setelah membaca kalian bisa sendiri menginstal Windows 10 pada laptop atau komputer.

Ada tiga tahapan yang harus kita lakukan untuk menginstall Windows 10 dengan benar.

Pertama, kita akan download dulu Windows 10 nya di website resmi Microsoft.

Kedua, kita akan membuat bootable dengan menggunakan flashdisk yang nantinya kita gunakan untuk menginstal Windows-nya.

Ketiga, kita akan menginstal Windows 10 step by step hingga selesai.

Berikut ini cara mudah instalasi windows 10

1. Mendownload Winows 10

Sekarang kita akan mulai tahap yang pertama yaitu kita akan download dulu Windows 10 nya dari website resmi Microsoft, silahkan buka laptop atau komputer dan langsung kalian buka browser Kalian, sebaiknya gunakan Google Chrome setelah itu kalian ketikan Microsoft Creation tool pilih yang paling atas atau klik link berikut: https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10

Setelah masuk ke website-nya, kalian Scroll ke bawah lalu kalian pilih “Download tool now”, tunggu sampai file download-nya berhasil terdownload.

Selanjutnya langsung kalian klik saja di file yang sudah kalian download, pilih “Accept” setelah itu kalian bisa minimalis browser kalian, tunggu beberapa menit sampai nanti akan muncul menu untuk mulai mendownload file Windows nya. (jadi ini tergantung dari jaringan kalian, semakin cepat jaringan kalian maka loadingnya juga akan semakin cepat, jika jaringan lambat Jadi kalian harus sabar untuk menunggu proses loadingnya ya…

Jika sudah muncul windows 10 setup-nya silahkan klik Accept. Tunggu lagi loading nya, selanjutnya pilih yang bawah yaitu “create installation media” dan klik next

Secara default maka settingannya kita akan mendownload dalam bahasa Inggris Windows 10 dan juga 64-bit, kita juga bisa setting, caranya kita hilangkan centang yang dibawah, setelah itu kita bisa pilih bahasanya, windowsnya, arsitekturnya kita bisa pilih yang 64 bit 32 bit, baiklah… karena kita akan download yang 64 bit Jadi kita pilih yang 64 bit saja selanjutnya klik next

Sebaiknya kalian download yang versi iso agar filenya lebih aman dan bisa kalian simpan di hardisk kalian, sehingga nanti kalau suatu saat ingin install ulang lagi kalian bisa burning file-nya ke flasdisk (dengan menjadikannya bootable tentunya) dan selanjutnya pilih next dan save dan beri nama misalnya “Windows 10”.

Tunggu proses downloadnya hingga selesai. Tentunya hal ini akan butuh waktu yang agak lama karena besarnya file yang akan di download, sekitar 4 giga dan ini juga tergantung dari kecepatan internet kalian.

Jika sudah selesai dan berhasil di download, selanjutnya kita tinggal burning file Windows 10 nya kedalam sebuah flashdisk agar nantinya bisa kita jadikan bootable untuk instal ulang Windows 10 di laptop atau komputer kita.

2. Membuat bootable windows 10 dengan menggunakan flashdisk.

Sekarang kita akan masuk ke tahap yang kedua yaitu kita akan membuat sebuah bootable dengan menggunakan flashdisk. Silahkan pasang flasdisknya ke usb laptop, sebelumnya kita akan mendownload aplikasi untuk burning file Windows nya ke flashdisk namanya rufus, silahkan cari di google ketikan “rufus” atau klik link berikut : https://rufus.ie/downloads/ 

dan klik link yang paling atas dan download.

Setelah di download file rufus nya, double klik saja, pilih yes selanjutnya kalau ada keterangan Do you want to allow us to update ini kalian pilih yang no sekarang kita sudah berhasil membuka aplikasi rufus ini, selanjutnya di Device pastikan kalian pilih flashdisk kalian Lalu setelah itu di Partition scheme target sistem-nya biarkan saja, di file systemnya biarkan NTFS dan di Cluster size nya biarkan 4096 byte, jadi biarkan semua ke default lalu kalian beri nama misalnya Windows 10 setelah itu kalian pilih file iso yang sudah kalian download tadi lalu kalian pilih Open lalu selanjutnya kalian tinggal pilih start.

sampai di sini flashdisk kita akan diformat jadi Pastikan data yang ada pada flashdisk kalian sudah diamankan lalu kalian pilih Oke setelah itu kalian tinggal tunggu prosesnya hingga selesai.

3. Menginstal Windows 10

Sekarang kita akan langsung ke langkah yang ketiga yaitu kita akan mulai untuk menginstal Windows 10 pada laptop atau komputer.

Yang pertama silahkan kalian tancapkan flashdisk yang sudah kita jadikan sebagai bootable tadi ke laptop atau komputer lalu selanjutnya silahkan kalian nyalakan laptop atau komputer kalian dengan menekan tombol power.

Pada saat layar mulai menyala kalian pencet F2 untuk masuk ke menu bios, untuk masuk ke menu bios ini setiap komputer atau laptop memiliki cara yang berbeda-beda, ada yang dengan menekan tombol F1, F2, F4 ada yang F10, F12 dan ada juga yang menekan dengan tombol Jadi silakan kalian sesuaikan dengan komputer atau laptop kalian masing-masing.

Tujuan kita masuk ke menu bios ini adalah untuk mengatur boot priority agar flashdisk yang sudah kita jadikan bootable tadi itu menjadi priority nomor 1 sehingga laptop kita akan booting melalui flashdisk yang sudah kita jadikan sebagai bootable Windows 10 Tadi.

Untuk mensetting-nya kalian langsung masuk ke menu Boot lalu setelah itu kalian pilih Hard Drive BBS priorities lalu kalian Tekan enter dan di nomor 1 kalian Tekan enter lalu kalian pilih nama flasdisk yang sudah ditancapkan (datatraveler-nya).

Tampilan BIOS biasanya berbeda-beda tetapi caranya hampir sama jadi buat kalian yang tampilan biosnya berbeda, silahkan kalian masuk ke menu Boot dan kalian cari boot priority dan jadikan boot priority nomor 1 itu adalah flashdisk kalian.

Setelah kita setting boot priority nomor 1 itu flashdisk kita selanjutnya save dan restart komputer atau laptop kita dengan cara klik F10 pilih yes untuk menyimpan settingan bios-nya dan akan mulai merestar, ketika muncul tulisan “press any key to boot from usb” kalian klik saja tombol spasi atau tombol lain untuk memulai booting melalui flashdisk yang sudah tancapkan tadi.

Sekarang kita sudah masuk ke menu untuk mulai menginstal Windows 10, kalian bisa setting bahasanya atau biarkan bahasa Inggris, kita juga bisa setting time and currency format, kalian bisa pilih yang Indonesia, lalu untuk keyboard input metode kita biarkan US Lalu setelah itu kita pilih next selanjutnya kita pilih install now lalu tunggu loadingnya sampai ke menu selanjutnya.

Selanjutnya kalian pilih saja yang don't have a product key tapi kalau kalian sudah punya kode aktivasi Windows kalian tinggal masukkan saja, selanjutnya kalian tinggal pilih Windows mana yang ingin kalian pilih Apakah Windows 10 home dan Windows 10 education atau Windows 10 Pro.

Kita pilih saja misalnya Windows 10 Pro, selanjutnya kita pilih next lalu tunggu sampai ke menu selanjutnya setelah masuk ke menu ini kalian tentang saja yang accept the license terms lalu kalian pilih next selanjutnya kalian pilih yang custom install Windows only, setelah masuk ke menu ini kita bisa memilih di mana kita akan menginstal Windows 10 kita tadi, ada banyak Partition yang pertama partisi nomor 1 merupakan backup lalu yang Partition 2 ini merupakan drive C, kita pilih drive C

Setelah kita format selanjutnya kita tinggal pilih naik maka secara langsung Windows 10 akan mulai diinstal pada laptop atau PC kita, kita tinggal tunggu proses instalasi nya sampai 100%.

Setelah klik next, biarkan saja hingga restart dan jangan ada yang diklik, setelah itu tinggal ikuti langkah langkah akhir, ikuti apa yang di tanyakan saat instalasi akhir windows 10.

Demikan cara install windows 10, semoga membantu.

Posting Komentar untuk "Cara Install Windows 10 Dengan Mudah Pada Laptop Atau Komputer."

Berlangganan via Email